Tuesday, November 17, 2009

LANDMARKS OF JAKARTA

Ini sebetulnya sketsa-sketsa lama. Kumpulan bangunan-bangunan dan monumen yang menjadi penanda wilayah (landmark) di kota Jakarta ini.



Yang pertama adalah Bundaran HI dengan Monumen Selamat Datang (plus kolam) sebagai sentralnya. Seperti halnya banyak landmark di Jakarta, peran Monumen Selamat Datang sebagai landmark semakin tersisihkan. Banyaknya pembangunan gedung-gedung pencakar langit di sekitar wilayah jalan Sudirman-Thamrin, khususnya di seputar Bundaran HI yang masing-masing terlihat saling berlomba untuk "menonjolkan diri" membuat Monumen Selamat Datang tenggelam diantaranya. Sket di tempat cuma saya buat dalam 10 menit. Saya ambil garis besarnya saja (malu waktu itu, ramai sekali kondisinya). Sudut ini saya ambil sesuai dengan foto yang pernah saya lihat di kartu pos. Rencananya detail dan render akan saya kerjakan di rumah dengan acuan kartu pos tersebut. Tapi ternyata, Tuhan tidak mengijinkannya (hahahaha...). Kartu pos hilang tak tahu rimbanya. Jadi akhirnya ya terpaksa mengandalkan ingatan saya yang kurang baik ini (sebetulnya bisa kembali lagi kesana untuk mensketsa, atau mengambil foto, tapi saya kena penyakit malas).




Yang kedua adalah Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta. Semasa pemerintahan VOC bangunan ini berfungsi sebagai balai kota atau dalam bahasa Belanda disebut Stadhuis. Wilayah ini merupakan pusat kota Batavia. Pada saat itu selain berfungsi sebagai balai kota, bangunan ini juga digunakan sebagai penjara. Selain itu juga digunakan untuk syuting film "Catatan Si Boy" (itu lho yang jadi kampusnya Si Boy. Hahaha...info nggak penting sepertinya). Kalau yang ini sketsa full di sana. Tapi meriamnya tidak saya gambar, karena menurut saya agak mengganggu.

Semua sketsa mempergunakan pensil.

3 comments:

Anonymous said...

gimana cara ngarsirnya..? Bagus.

Sebastianus Olaf said...

WAaa...
bunderan HI.
depan percis sama plaza indonesia.
kerennnnnnnnn..
hebat hebat..
10menit di kondisi rame.
itu posisi dimana orang orang lewat bisa ngeliat abang ngegambar ga?
like it banget.

-olaf-

Ninequadrat said...

aiiihhh.. keren banget. nice blog keep sketching sobat, salam kenal :)