Monday, January 18, 2010

Perahu Pesisir Indramayu

Di wilayah pesisir sepanjang pantai utara jawa, khususnya kabupaten Indramayu secara geografis masih dominan dikelilingi area pertanian (persawahan dan perkebunan) dan pesisir pantai. Dengan jumlah penduduk mencapai 1.795.372 jiwa (BPS, 2007) sebagian besar mereka bermata pencaharian dengan bertani, berwirausaha, dan menjadi nelayan.

Senin 18 Januari 2010.
Saya secara sengaja mencoba berkeliling di daerah pesisir pantai. Pukul 16:30 WIB udara tak begitu panas. Meski di pesisir pantai malah berasa sejuk, angin cukup kencang. Langit sedikit mendung. Rerumputan menghijau di jalanan. jalanan berkelok juga sedikit lembab. Tampak beberapa hari lalu hujan turun.

"Ton, yuk bal-balan (Ton, ayo main sepak bola)," seorang teman mengajak. Mereka main sepak bola di sawah bekas panen. Rumputnya lumayan tinggi. Sudah biasa, beberapa bulan usai panen padi, persawahan dijadikan lapangan sepak bola.

Saya lantas menuju daerah nelayan, Tegalagung. Tetangga desa saya. Ada sekitar 100 perahu berderet di sungai. Tak ada aktifitas. "Ombake lagi gede (ombaknya sedang besar)," kata seorang penduduk. Saya mencoba membuat sketsa perahu, cukup sulit. Angin semakin kencang. Sketchbook yang saya pakai, terlipat-lipat.

"oh, kuen lagi didam sing bocor-bocor, tambir ora bocor (oh itu sedang ditambal yang bocor-bocor, biar tak bocor)," jelasnya pada saya yang sedang membuat sketsa perahu di foto itu.

15 menit kemudian adzan maghrib terdengar. Saya bergegas pulang.

Toni Malakian
tonimalakian.blogspot.com

2 comments:

Unknown said...

Yes..akhirnya keluar juga hasil sketnya, great mas Ton

Toni Malakian said...

makasih mas yanuar ikhsan.

iya sketnya menyusul itu... hehe.. sip