Sunday, June 6, 2010

Monumen perjuangan, bandung



Monumen perjuangan rakyat jawa barat terletak di jl. dipati ukur, tepatnya di seberang gerbang kampus unpad, Bandung. Monumen ini berhadapan langsung dengan Gedung sate yang juga merupakan simbol dari kota bandung. Sebuah taman yang panjang dan lapangan gasibu membatasi kedua bangunan bersejarah ini.

Monumen perjuangan sendiri, terbuat dari beton ekspos dan merupakan stilasi dari rebung bambu yang menyimbolkan cikal-bakal bambu runcing, alat perjuangan yang populer pada masa perjuangan. Sebagai pusat dominasi, berdiri gagah burung Garuda Pancasila di bagian tengah monumen sebagai lambang negara dan simbol kebanggaan bangsa indonesia yang penuh makna sebagai sari pati budaya & pemersatu bangsa yang bermakna sangat universal.
Senang membuat sket ini. tgl 1 juni kemarin merupakan hari lahirnya pancasila. selamat hari jadi. Jayalah selalu!

Pada sore hari kawasan ini ramai oleh anak - anak muda dengan berbagai macam aktivitasnya. Kebanyakan berolahraga atau sekedar nongkrong. Namun kerapkali tempat ini di jadikan ajang trek-trekan (kebut-kebutan) motor, karena struktur jalannya (di depan monumen ke arah gedung sate) yang lurus dan panjang sehingga memungkinkan untuk saling adu kecepatan, dan seperti biasa lazimnya, acara baru bubar setelah pak polisi datang.

Pada hari minggu pagi tempat ini berubah jadi pasar tumpah. Ramai sekali. Kebanyakan barang dagangan yang bisa ditemui disini adalah pakaian dan aksesoris. Dari anak - anak sampai orang dewasa ada disini. namun ada pula yang menjual kebutuhan rumah tangga sehari - hari. dan tentunya makanan. dan pastinya; macet.



6 juni 2010, sore hari

No comments: