Friday, January 17, 2014

Indonesia's Sketchers Sketch Gathering - Pasar Jatinegara/Mester

(Klik gambar untuk memperbesar tampilan)

Indonesia's Sketchers
S K E T C H   G A T H E R I N G

PASAR JATINEGARA (MESTER)
Jakarta Timur

Minggu
Januari 26, 2014

10.00 pagi - selesai (perkiraan pukul 15.00 WIB)

Meet Point : Toko Buku Prapatan

Event ini gratis !

Bawa peralatan menggambar yang sesuai keahlianmu

 ========================================================================

Pasar Jatinegara merupakan sebuah pasar yang berada di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Pasar ini berdekatan dengan Pusat Grosir Jatinegara, SMP Negeri 14 Jakarta dan Stasiun Jatinegara. Pasar ini dahulu bernama Mester Passer (Pasar Mester) dan pasar ini di lalui oleh Trem Batavia. Pasar ini juga disebut Pasar Kamis karena dahulu pasar ini dibuka setiap hari kamis.

Pada masa penjajahan Belanda, Jatinegara merupakan pusat dari kabupaten yang dikenal sebagai Meester Cornelis. Kabupaten Jatinegara saat itu meliputi Bekasi, Cikarang, Matraman dan kebayoran. Nama Meester Cornelis diganti menjadi Jatinegara pada masa pendudukan Jepang sekitar tahun 1942. Meskipun demikian, nama Jatinegara yang berarti ‘negara sejati’ itu sudah dipopulerkan oleh Pangeran Ahmad Jayakarta saat beliau mendirikan perkampungan Jatinegara Kaum di wilayah Pulo Gadung, Jakarta Timur. Versi lain mengatakan bahwa nama Jatinegara diadaptasi dari banyaknya pohon jati yang masih ditemukan di kawasan tersebut pada masa pendudukan Jepang, sehingga nama Meester Cornelis diganti menjadi Jatinegara.

Pasar Lama Jatinegara atau lebih dikenal dengan Pasar Mester, merupakan pusat ekonomi bagi warga Jatinegara. Pasar Lama Jatinegara mempunyai banyak deret bangunan dimana dulunya dikenal dengan bangunan Belanda. Di sekitar pasar tersebut juga terdapat pedagang-pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya mulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 6 sore.


INFO TRANSPORTASI PUBLIK

Transjakarta (arah Kp. Melayu)
Mikrolet M16 & M01 (arah Kp. Melayu)
Kopaja 502 (arah Kp. Melayu)
Metro Mini 54 (arah bypass)
Kereta (Stasiun Jatinegara)

CONTACT PERSON

ANDRY
0813 1677 2996

YANUAR
0896 3601 6360