Monday, March 25, 2013

SketchWalk 24 Maret 2013, bandung

Hai teman-teman sketser se-Indonesia! lama tak upload :)
Kali ini saya ingin menulis tentang acara sketchwalk bandung pada hari minggu kemarin.

Dimulai pada pukul 9 pagi dengan titik temu di depan gerbang ITB jl. ganesha, acara ini di prakarsai oleh Mas Thamrin (sketcher, arsitek) yang kemarin baru saja pulang dari event Sketchwalk Chaophraya di Thailand pada bulan Februari.

Ini adalah acara 'dadakan' - yang mana ada seorang teman dari Thailand yang sedang berada di bandung, Mr.Decha Charoenchai mengajak untuk dapat bersketsa bersama sebelum ia kembali lagi ke Thailand beberapa waktu mendatang.

      Titik awal objek sketsa kali ini di mulai dengan bangunan Aula Barat kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Struktur atap bangunan yang sangat khas dan ikonik telah identik dengan kampus ini. Sudut pandang dalam sketsa ini diambil dari dalam gerbang itb, tepat di depan pos satpam, di dekat jam dinding.


Selama kurang lebih 3 jam-an, teman-teman sketser berkutat di seputaran area ini. Ada pula yang mengambil objek di bagian dalam kampus, yang memiliki view tak kalah menarik. Teman kita Mr. Decha pun terlihat sangat antusias dengan aktifitas sketsanya



Untuk teman-teman IS Bandung sendiri, ini menjadi semacam temu kangen setelah sekian lama tidak berjumpa -beberapa teman ada yg telah berada di luar bandung dalam waktu lama- , sehingga acara ini juga dihabiskan dengan bertukar cerita, bercanda, dan bercengkrama sambil ber sketsaria


Rencana awal Mas Thamrin mengenai sketch walk ini adalah; setelah dari itb, kita akan berjalan kaki menyusuri sungai Cikapundung ke arah Ciwalk, yang di sinyalir akan banyak sekali view menarik mengenai sungai dan suasana perkampungan di pinggiran sungai Cikapundung. Namun pada saat makan siang, mendung sudah menggelayut di langit bandung, sehingga rencana melalui rute tersebut menjadi tak kondusif lagi.

Urung ke kawasan perkampungan sungai cikapundung, teman-teman sepakat untuk meneruskan acara hari ini ke Selasar Sunaryo Art Space di daerah dago pakar. dengan pertimbangan; apabila turun hujan acara sketsa masih bisa di lanjutkan di dalam ruangan.

                                                                                               makan siang sketsa

Sambil menunggu kedatangan Kang Ichsan, seniman Cat air kenamaan kota bandung yang rencananya akan datang bergabung, setelah makan siang, beberapa teman melaksanakan ibadah shalat di Mesjid Salman itb. Mesjid ini terletak bersebelahan dengan Taman Ganesha.
Pada sesi interval ini pun, ternyata banyak pula sketsa yang ditelurkan. Objeknya tidak lain dan tidak bukan adalah Mesjid Salman itu sendiri dan suasana disekitarnya.




Setibanya di Selasar Sunaryo acara sketsa di lanjutkan. Selasar ini merupakan Art Gallery yang terletak di jl. bukit pakar timur, di daerah atas kota bandung. Masing-masing pun mulai sibuk dengan peralatannya. Tampak di bawah Mas Thamrin sedang men-sketsa Amphitheater Selasar, yang terletak di bawah cafe.
sketsa yang satu ini merupakan hasil karya Kang Ichsan.
Amphitheater Selasar Sunaryo

Sementara diatas, teman-teman yang lain juga tak kalah serunya. Suasana cafe menjadi objek pilihan untuk di sketsa
Sambil berbincang-bincang santai diselingi minuman dan makanan ringan, perhatian mereka tetap tak lepas dari kertas gambar.
Selama kurang lebih 3 jam, para sketser telah berhasil mendapat cukup banyak sketsa. Dan acara hari itu pun diakhiri dengan sesi foto bersama. Hari minggu yang menyenangkan
Untuk acara selanjutnya, sketchwalk akan diadakan pada hari minggu tanggal 7 april 2013 -dua minggu lagi.
Bagi teman-teman yang ada dan sedang berada di bandung silahkan datang bergabung, untuk info selanjutnya akan kabarkan melalui facebook. Terimakasih untuk sketching & sharingnya, teman-teman. Terimakasih atas berbagi ilmu-pengalamannya, Mas Thamrin, Kang Ichsan. Sampai jumpa di event selanjutnya
Salam sketsa!
sketchwalk at Selasar Sunaryo, afternoon session.

------------------------------------------------
foto2 dok. Mas Thamrin. diambil dari :
*Sketchwalk @bandung page, 24 maret 2013 : http://www.facebook.com/events/397018490396984/


No comments: